Cak Imin: Sejarah Tentukan Arah Birokrasi
berita
FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh
RILIS.ID, Rangkasbitung— Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghimbau para pejabat birokrasi untuk belajar dari sejarah. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri launching Museum Multatuli di Rangkasbitung, Banten.

“Banyak orang yang tidak tahu, bahwa pentingnya belajar sejarah,” kata Cak Imin dalam dialognya di Museum Multatuli, Minggu (11/2/2018). 

Menurutnya, orang akan menyesal bila jarang belajar sejarah. Pasalnya, sejarah menurutnya, penting untuk menentukan arah birokrasi. Terutama, bagi mereka yang memiliki peran besar di masyarakatdan pemerintahan. 

Karenannya, politisi itu menghimbau Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dapat menginstrupsikan para birokrat agar memahami sejarah. “Birokrasi juga menjadi sejarah yang amat penting,” jelasnya. 

Tak hanya itu, dia mengingatkan arti penting Museum Multatuli, yakni kemanusiaan. Harapannya, museum bisa menjadi tujuan warga Lebak dan Banten untuk menjaga nilai kemanusian.

“Multatuli Mengajarkan kemanusiaan nomor satu, dibanding apa pun yang ada di Republik Indonesia,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Bupati Lebak telah bersungguh-sungguh mewujudkan Museum Multatuli sebagia tempat literasi, sekaligus wisatawan. Semangat yang dibangun adalah semangat kemanusiaan. 

Senada dengan itu, Direktur Jendral Kebudayaan Hilmar Farid juga berharap, agar Musem Multatuli tidak sekadar tempat wisatawan. Tetapi, sebagai tempat untuk merawat memori kolektif perihal penindasan dan perjuangan. 

Editor:

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari