BMKG Prediksi Hujan Bakal Guyur Wilayah Ini Bulan Depan
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Jakarta— Kepala Seksi Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Muhammad Candra Buana mengatakan, musim hujan wilayah Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan Oktober pada dasarian II.

"Memang perkiraan musim hujan di masing-masing zona musim berbeda-beda," sebut Candra di lansir dari Antara, Kamis (12/9/2019).

Ia mengatakan, musim hujan akan mulai mengguyur beberapa zona musim pada Oktober dasarian II dan III, November dasarian I dan II, bahkan ada zona musim yang nanti diguyur hujan pada April dasarian I.

BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara membagi wilayah Sulut dalam tujuh Zona Musim (ZOM) mulai ZOM 319-327. Wilayah ZOM 327 yang mencakup daerah Likupang dan Wori musim hujan diperkirakan turun pada Oktober dasarian II.

Demikian pula, wilayah ZOM 326 yang mencakup Pineleng, Tombariri, Tatapaan, Airmadidi, Dimembe, Kalawat, Talawaan, Tatelu, Bunaken, Malalayang, Mapanget, Singkil, Tikala, Tuminting, Wanea dan Wenang.

Wilayah ZOM 322 yang meliputi Bilalang, Dumoga, Lolayan, Passi barat, Sangtombolang, Modayag Barat, Bintauna, Bolangitang, Kaidipang, Pinogaluman, Sangkup, Poigar dan Kotamobagu diprediksi memasuki awal musim hujan pada Oktober dasarian III.

Begitu pula dengan wilayah ZOM 324 yang mencakup Bolaang, Bolaang Timur, Passi Timur, Tondano, Remboken, Tompaso, Langowan, Amurang Barat, Amurang Timur, Maesaan, Motoling, Ranoyapo, Sinonsayang, Sonder, Sulta, Tenga, Tumpaan. Tompaso Baru, Tombatu, Touluaan dan Tomohon.

Sementara wilayah ZOM 323 yang meliputi Kotabunan, Nuangan, Tutuyan, Belang, Posumaen, Ratahan, dan Ratatotok musim hujan dimulai pada November dasarian II.

Sementara wilayah ZOM 325 yang meliputi wilayah Eris, Kauditan, Kema, Kombi, Langowan Selatan, Aertembaga, Girian, Lembeh Selatan, Lembeh Utara, Madidir, Maesa, Matuari, dan Ranowulu, musim hujan diperkirakan November dasarian I.

Satu-satunya wilayah ZOM yang musim hujannya akan dimulai pada bilan April dasarian I adalah ZOM 319 yang meliputi Bolaang uki, Pinolosian, Pinilosian Tengah, Pinolosian Timur dan Posigadan.

Sumber: ANTARA


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari