Bulog Sulut Siap Jadi Pelaksana BPNT
berita
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin
RILIS.ID, Manado— Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan kesiapannya untuk menjadi pelaksana penyedia produk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Mulai September 2019, Bulog Divre Sulut Gorontalo (Sulutgo) siap menjadi pelaksana BPNT," kata Kepala Divre Bulog Sulutgo, Sopran Kenedi, di Manado, Rabu (14/8/2019). 

Dia mengatakan, hasil rakor lintas kementerian RI belum lama ini mengamanatkan kepada Bulog untuk menjadi penyedia bahan pokok dalam pelaksanaan Program BPNT.

Dengan Bulog turut menjadi penyedia bahan pokok BNPT, kata dia, diharapkan bantuan sosial itu bisa diserahkan sesuai prinsip 4T, yakni tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, dan tepat jumlah.

Bulog, katanya, siap melaksanakan amanat itu karena mempunyai cadangan beras, khusus di Divre Sulutgo.

"Kita siap, dengan adanya keputusan baru ini, akan memperlancar sirkulasi beras Bulog," kata dia.

Seiring dengan munculnya BPNT, ungkap Sopran, jumlah bantuan sosial masyarakat sejahtera yang wajib disalurkan Bulog secara otomatis berkurang.

Selama ini, BPNT diterima warga dari bank-bank yang ditunjuk pemerintah, yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat satu "kartu kombo". Kartu itu kemudian ditukarkan dengan beras, telur, atau salah satu dari keduanya dengan nilai Rp110 ribu per KPM per bulan.

KPM dapat mengambil jatah barang itu di e-Warung ataupun agen Laku Pandai bank, seperti BRILink dan Agen46.

Kini, dengan ditunjuknya Bulog, masyarakat akan semakin dimudahkan sebab Bulog bisa menyediakan bahan pokok BPNT di jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di seluruh wilayah Sulut.

"Saat ini kita punya 1.300 RPK di Sulut. Kami masih menunggu petunjuk selanjutnya. Khususnya terkait data penerima dan kebutuhan rata-tata per bulan," ujarnya. 

Sumber: Antara


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari