Cegah Terorisme, Tiga Negara Latihan Patroli Darat Bersama
berita
Pertemuan Menhan di Filipina. FOTO: Humas Kemenhan
RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Filipina dan Malaysia akan menggelar latihan patroli darat bersama.

"Latihan patroli darat bersama ini merupakan upaya ketiga negara untuk menangkal radikalisme dan terorisme," kata Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam siaran pers yang diterima rilis.id di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Saat ini, Menhan sedang mengadakan pertemuan trilateral dengan Menhan Filipina, Delfin N Lorenzana dan Menhan Malaysia, Haji Mohamad Bin Sabu di Manila.

Ryamizard mengatakan, pemerintah Indonesia memandang penting untuk dilaksanakannya kerja sama latihan darat antara bersama dengan Filipina dan Malaysia tersebut. 

"Saya yakin Filipina dan Malaysia memiliki pandangan yang sama dengan Indonesia," kata pensiunan jenderal TNI Angkatan Darat bintang empat tersebut. 

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu mengungkapkan, Indonesia, Filipina dan Malaysia selama ini memang sudah melaksanakan sejumlah kerja sama keamanan untuk menangkal terorisme berupa patroli laut dan udara. 

Jadi, ketiga negara itu perlu meningkatkan lagi keamanan di kawasan dengan melakukan kerja sama latihan patroli darat.

"Baik kerja sama patroli laut, udara dan latihan darat itu ditujukan untuk membendung dan mengeliminir pengaruh infiltrasi Daesh dan segala bentuk aksi terorisme dan radikalisme yang berusaha merusak stabilitas keamanan di Asia Tenggara," ujar Ryamizard. 

Daesh sendiri merupakan sebuah akronim untuk frasa Arab al-Dawla al-Islamiya al-Iraq al-Sham atau Negara Islam Irak dan Mediterania. 

Ryamizard menjelaskan, kerja sama antara Indonesia, Filipina dan Malaysia menjadi penting karena dibangun atas dasar nilai-nilai kebersamaan.

Ketiga negara, imbuh dia, juga saling berbatasan sehingga masalah yang timbul dalam satu negara kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap yang lainnya, termasuk ancaman terorisme dan radikalisme.

"Melalui pertemuan ini kita akan lebih bisa membahas lebih lanjut kerja sama trilateral, bagaimana langkah-langkah yang akan kita tempuh ke depan yang akan membawa dampak positif bagi terciptanya stabiltas keamanan di kawasan," pungkasnya.

Editor: Kurnia Syahdan

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari