berita
Pelantikan Wakil Ketua MPR RI. FOTO: RILIS.ID
RILIS.ID, Jakarta— Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas mengatakan, DPR RI dan Pemerintah menyetujui untuk melakukan perubahan atas Undang-Undang (UU) MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3). Salah satunya, terkait jumlah kursi pimpinan di MPR RI.

"Saya ingin sampaikan bahwa 10 fraksi yang ada di DPR harus disetujui untuk melakukan perubahan atas Undang-Undang MD3 sepanjang terkait dengan jumlah pertemuan di MPR," ujar Supratman di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, menyetujui saat ini pimpinan MPR terdiri dari satu ketua dan tujuh wakil ketua, maka pada periode esok disetujui keberadaan satu ketua dengan sembilan wakil ketua.

Pimpinan, kata dia, terdiri dari perwakilan masing-masing fraksi yang lolos dalam pemilihan umum. Kemudian ditambah dengan satu dari DPD. 

"Itulah yang kita hasilkan dalam keputusan yang diambil tingkat I di Badan Legislasi tadi," jelas politisi Fraksi Partai Gerindra itu.

Supratman menambahkan, MPR merupakan lembaga yang akan mengurusi Ideologi dan konstitusi. Untuk itu, semua elemen yang terkumpul di DPR maupun DPD bisa dimasukkan ke dalam MPR dalam rangka melakukan musyawarah mufakat tergambar dari sisi kepemimpinan di MPR. 

"Hasil rapat ini segera akan disampaikan kepada Pimpinan DPR untuk diagendakan dalam rapat Bamus, disetujui segera mungkin diagendakan untuk masuk dalam jadwal Paripurna terdekat," tukas Supratman.

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top DPR Corner





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari