Dua Partai Ini Kunci Menangnya Jokowi di Tangsel
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/ Dendi Supratman
RILIS.ID, Tangerang Selatan— Suara pasangan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan cawapresnya, Ma'ruf Amin, untuk sementara mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga Uno di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Berdasarkan penghitungan real count sementara dari kawalpemilu.org, Senin (22/4/2019) pukul 15.00 WIB, Jokowi-Ma'ruf di Tangsel memperoleh suara 188.962. Sementara Prabowo-Sandi 153.432.

Keunggulan sementara Jokowi-Ma’ruf itu dinilai pengaruh dari masuknya Partai Golkar dan PPP dalam Koalisi Indonesia Kerja.

Suara tersebut diperoleh di 1.660 TPS atau sekitar 43,47 persen dari total 3.819 TPS di Tangsel. Rinciannya, suara sah mencapai 342. 394 dan suara tidak sah 1.660.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak menilai berkurangnya suara Prabowo-Sandi di Tangsel dipengaruhi masuknya Golkar dan PPP di Koalisi Indonesia Kerja di Pilpres 2019.

Ini berbeda saat Pilpres 2014 lalu, di mana Golkar dan PPP masuk dalam koalisi Prabowo-Hatta dan menjadi kunci kemenangan Prabowo di Tangsel.

“Berkurangnya suara Prabowo salah satunya faktor mesin politik yang berkurang. Pilpres sebelumnya Golkar dan PPP masuk dalam koalisi Prabowo-Hatta, sedangkan Pilpres 2019 keluar dan bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Itu membawa dampak kemenangan Jokowi dan kekalahan Prabowo di Tangsel, meski selisihnya tipis," katanya, Senin (22/4/2019).

Sekretaris DPD I Partai Golkar Banten, Bahrul Ulum menyatakan kemenangan Jokowi di Tangsel sudah diprediksi sejak awal.

“Saya dari awal meyakini Tangsel akan unggul, karena memang 2014 juga dari 8 kabupaten/kota yang ada di Banten, Kota Tangsel dimenangkan oleh Jokowi. Saya berharap kader-kader Golkar di Tangsel untuk mengawal suara yang sudah masuk sampai pleno di tingkatannya masing-masing," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Tangsel, Li Claudia Chandra masih optimistis jagoannya belum kalah di Tangsel.

“Kami berpatokan pada real count KPU," ucapnya. (*)

Editor: Segan Simanjuntak


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari