Empat Nama Ini jadi Kandidat Caketum PAN
berita
Ilustrasi partai Amanat Nasional. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.
RILIS.ID, Jakarta— Anggota Steering Committee Rapat Kerja Nasional V Partai Amanat Nasional (PAN), Totok Daryanto mengonfirmasi beredarnya nama-nama kandidat calon ketua umum (caketum) PAN periode berikutnya.

Menurut Totok, PAN akan mematuhi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai dimana yang ditunjuk sebagai ketua umum nanti dipastikan berasal dari kader internal partai.

"Kami di SC memenuhi AD/ART. Kami yakin, siapapun kandidatnya, berapapun jumlah kandidatnya, proses kompetisi itu hanya pertandingan persahabatan saja. Semua kader terbaik PAN, tidak ada dari luar," ujar Totok saat jumpa pers di Kantor DPP PAN Jakarta, Kamis, (5/12/2019).

Totok menyebut nama-nama yang sudah dipastikan maju sebagai ketua umum baru ada empat orang, yaitu ada Ketua Umum Petahana, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum Petahana, Asman Abdur, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap, dan pengamat ekonomi INDEF sekaligus Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo.

"Sementara itu baru empat yang sudah berkomitmen maju sebagai calon ketua umum," kata Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PAN itu.

Di luar keempat nama itu, Totok mengakui masih banyak nama-nama lain yang disebut-sebut tapi belum menunjukkan komitmen untuk maju menjadi calon ketua umum.

Seperti nama Ketua Fraksi PAN di DPR RI, Hanafi Rais dan Wakil Ketua Umum PAN, Bima Arya. Nama-nama tersebut sampai saat ini belum mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum, katanya.

Kemudian mengenai syarat pencalonan ketua umum, Totok menyebut tidak ada syarat khusus kecuali dia harus merupakan kader PAN.

"Nanti (soal syarat caketum) masih diatur dalam tata tertib, tapi pada dasarnya kami memberi kesempatan penuh kepada kader untuk berkompetisi. Kami tidak menekankan persyaratan-persyaratan yang kaku karena nanti demokrasi jadi terbelenggu," katanya. 

 

Sumber: Antara


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari