GBHN untuk Hadapi Tantangan Masa Depan
berita
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Presiden Joko Widodo.
RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), menilai haluan negara akan menjadi keniscayaan bagi Indonesia untuk meningkatkan dan memperkuat eksistensi negara dan kebhinekaan bangsa. Seiring perubahan zaman yang terus berputar dengan cepat, dan sudah terbukti ragam perubahan itu menghadirkan masalah, termasuk tantangan. 

Karenanya, Bamsoet menghimbau semua elemen masyarakat untuk tidak bertarung-buru berpersepsi negatif atas implementasi merumuskan Garis-Besar Halauan Negara (GBHN). 

“Sejatinya, GBHN merefleksikan kearifan negara melihat dan membaca kebutuhan sekarang dan tantangan di masa depan yang akan menghadapi persaingan generasi muda,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Selain itu, Bamsoet mengatakan bahwa esensi GBHN adalah persetujuan dan persetujuan yang ingin diwujudkan bangsa ini dalam beberapa puluh tahun mendatang. Maka, memuat GBHN harus bersumber dari pembahasan, perhitungan, estimasi dan penetapan target-target oleh semua elemen bangsa melalui dewan perwakilan dan majelis permusyawaratan (MPR / DPR / DPD).

Dengan berproses seperti itu, sambungnya, menjadi jelas GBHN itu bukan tujuan atau kehendak pribadi, dan bukan pula antar kelompok.

“Jangan pula merencanakan amandemen untuk mengembalikan GBHN dipersiapkan sebagai upaya menambah otot MPR untuk penggantian menjadi lembaga tertinggi kembali. Urgensi bangsa ini punya GBHN tidak sesederhana itu, ”tegas politikus Golkar itu.

Menurut dia, GBHN tidak lebih dari dokumen yang mengatur arah dan tujuan masa depan bangsa. Hampir semua bangsa memiliki GBHN, karena setiap bangsa punya cita-cita dan target.

“Tiongkok berhasil melakukan lompatan besar berkat semangat Gaige Kaifang (reformasi dan keterbukaan) yang digagas pemimpin Tiongkok almarhum Deng Xiao Ping. Gaige Kaifang bisa disebut mirip GBHN, ”katanya menambahkan. 

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top MPR Corner



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari