Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Debby Kurniawan: Organisasi Kepemudaan Harus Bersatu
berita
FOTO: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan mengatakan, organisasi kepemudaan harus bersatu. Salah satu organisasi kepemudaan yang diterpa perpecahan adalah KNPI. Politisi asal Partai Demokrat ini menyebutkan, saat ini ada beberapa 'KNPI'.

"Pemuda harus bersatu. Untuk itu dibutuhkan pemuda yang berani mengalahkan egonya atau ego kelompoknya," ujar Debby Kurniawan kepada media di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Anggota DPR RI yang terpilih dari Dapil Jatim X ini, pemuda memiliki peran penting menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Pasalnya, perpecahan di kalangan pemuda bisa melemahkan bangsa.

"Kalau pemuda atau organisasi kepemudaan saja tidak bersatu. Saya yakin keutuhan bangsa ini akan runtuh. Inilah pentingnya para pemuda untuk menjaga persatuan," katanya.

Selain menjaga persatuan dan kesatuan, Debby menyebut, pemuda harus siap menyongsong era revolusi industri 4.0. Caranya dengan mempersiapkan skill dan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

"Sudah saatnya pemuda mengisi waktunya dengan pelatihan keahlian dan ketrampilan. Ini penting jadi bekal meningkatkan daya saing bangsa. Apalagi era revolusi industri 4.0 yang menuntut persaingan bebas," terangnya.

Pemuda yang handal dan kompeten di berbagai bidang, menurutnya bukan cuma karena tuntutan era revolusi industri 4.0 saja. Tetapi juga persiapan menghadapi bonus demografi.

"Diperkirakan 2030 nanti Indonesia mengalami bonus demografi. Dimana jumlah penduduk produktif lebih tinggi. Kalau ini tidak dipersiapkan, bisa menjadi musibah. Jadi dari sekarang pemuda harus dibekali dengan kompetensi berupa ketrampilan vokasional," tegas pria yang pernah didapuk Ketua DPD KNPI Lamongan, Jawa Timur ini.

Debby mengaku optimistis, dengan persiapan pendidikan vokasional bagi pemuda saat ini bisa mempercepat terwujudnya cita-cita bangsa. Yakni kesejahteraan masyarakat secara merata.


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Muda





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari