Hadapi Revolusi Industri 4.0, Indonesia-Brunei Jajaki Kerja Sama Kepemudaan
berita
FOTO: Kemenpora
RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam, mengadakan pertemuan untuk membicarakan rancangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama bilateral antar kedua negara tersebut. 

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh, penjajakan kerja sama itu adalah upaya untuk mewujudkan interaksi antarbangsa khususnya kawasan ASEAN sebagai sebuah komunitas kawasan yang harus terus didorong ke arah yang lebih subtantif dan produktif. 

Menurut Ni'am, Brunei dan Indonesia memang seharusnya mewujudkan kerja sama yang terarah dan terkoodinasikan dengan baik secara bilateral dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0.

“Indonesia adalah negara dengan pemuda rentang usia 16-30 tahun dengan jumlah 62 juta orang, ini merupakan terbesar di Asia Tenggara. Dan hal tersebut menjadi potensi besar yang bisa berkontribusi terhadap kemajuan antarbangsa di kawasan ASEAN, khususnya Brunei dan Indonesia," katanya melalui siaran pers yang diterima rilis.id, Sabtu (15/12/2018). 

Dalam pertemuan itu, hadir juga dari pihak Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam sebanyak sembilan orang perwakilan KKSB Brunei yang diketuai oleh Puan Hjh Noormaslina. 

“Kami sangat senang atas kunjungan Indonesia ini, semoga hasil pertemuan ini segera berwujud penandatanganan MoU dan kerja sama kepemudaan, sehingga kegiatan kepemudaan semakin terarah dan terkordinasi dengan baik antara Indonesia dan Brunei," tutur Noormaslina dalam sambutannya.

Beberapa poin penting isi dari MoU yang akan segera dibuat dan ditandatangani antarnegara tersebut antara lain program pertukaran pemuda, penyelenggaraan konferensi dan seminar di bidang kepemudaan, dan pertukaran informasi mengenai isu kepemudaan. 

Selain itu juga mendorong kerja sama antarorganisasi kepemudaan kedua negara, menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai bidang guna meningkatkan kapasitas pemuda, kerja sama dalam bidang-bidang pengembangan kepemimpinan pemuda dan kewirausahaan pemuda, dan juga kerja sama kepemudaan lainnya.

Untuk memudahkan kordinasi teknis penyiapan berkas MoU, Kemenpora dalam hal ini Deputi Pengembangan Pemuda menunjuk Kasubid Promosi Kepemudaan Kemenpora RI, Mustadin, sebagai person in charge (PIC).

Sedangkan PIC dari Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei yakni Puan Hjh Noormaslina (Ketua Pegawai Belia dan Sukan, KKSB Brunei).

Turut serta dalam kunjungan tersebut adalah Kepala Bidang Kemitraan Dalam Negeri Hery Yansen Manurung, Kepala Bidang Promosi dan Penghargaan Pemuda Sapuroh, dan Kasubid Kementerian Pusat dan Daerah Wahyuddin Wahab. 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari