ICC Sebut Koleksi Kelapa Asia Tenggara dan Timur ada di Manado
berita
FOTO: Biro Komunikasi Publik PUPR
RILIS.ID, Jakarta— Executive Director International Coconut Community (ICC) Mr. Uron N. Salum mengatakan, koleksi kelapa Asia Tenggara dan Timur ada di Madano. Hal itu diungkapkannnya dalan pertemuan singkat di Ruang Kerja Sekretaris Badan Litbang Pertanian (19/7) yang diterima oleh Kabid KSPHP Puslitbang Perkebunan Dr. Jelfina C. Alouw. Mr. Salum. Jelfina sendiri menilai, ini adalah saat yang tepat  bagi Indonesia, sebagai negara dengan areal perkebunan kelapa terbesar di dunia untuk duduk dalam organisasi ICC. 

ICC telah 50 tahun menjalin kerja sama dengan Indonesia dan koleksi plasma nutfah kelapa Indonesia termasuk yang beragam untuk wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur. Salum menyebut, saat ini ada 5 host country yang menjadi pusat koleksi plasma nutfah kelapa internsional, International Coconut Germplasm (ICG) yang diikat dengan perjanjian oleh COGENT, untuk Afrika perjanjian dengan negara Pantai Gading Timur, Amerika Latin untuk wilayah Caribia, Papua New Guinea untuk wilayah Pasifik dan Indonesia untuk wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.

Di sisi lain, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan) Muhammad Prama Yufdy pernah mengungkapkan, peneliti pertanian untuk bidang kelapa ini sangat sedikit jumlahnya, dan sudah hampir memasuki masa pensiun. Namun Balitbangtan cukup berbangga dengan dimilikinya peneliti kultur jaringan kelapa di Balai Penelitian Tanaman Palmae (Balitpalma).

Menyambut hak itu Jelfina menambahkan, ICC di Indonesia sudah lebih dikenal dengan kemudahan akses untuk plasma nutfah kelapa untuk memperbaiki plasma nutfah kelapa yang ada.

Ke depan tidak mustahil ICC berkantor di Indonesia, bahkan juga di Kantor Badan Litbang Pertanian, ungkap Prama. Peran strategis seperti ini akan mempermudah makin baiknya plasma nutfah kelapa dimana saat ini Pemda Sulut sudah komitmen mempersiapkan 200 hektare untuk koleksi kelapa nusantara bahkan juga dunia ada di wilayahnya. Di akhir kunjungannya Salum berkesempatan berkeliling melihat kantor jika nanti ICC dapat berkantor di Indonesia.

Sumber: Balitbangtan


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari