Jaga Kebugaran, Ini Olahraga yang Disarankan saat Berpuasa
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Kesehatan menganjurkan umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa untuk tetap berolahraga guna menjaga kondisi tubuh seimbang dan bugar.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kartini Rustandi, mengatakan, olahraga di saat puasa dianjurkan minimal 30 menit bisa dilakukan setelah sahur atau menjelang berbuka.

Dia menganjurkan, olahraga yang ringan seperti jogging atau bersepeda bisa dilakukan oleh orang yang sedang menjalani ibadah puasa. 

Baca Juga

“Olahraga intensitas yang ringan hingga sedang, jangan langsung angkat beban. Bisa jogging atau bersepeda,” kata Kartini dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/5/2019). 

Dia mengingatkan agar orang yang sedang berpuasa tidak memaksakan diri saat berolahraga dengan mengetahui kemampuan tubuh dalam menjalani aktivitas fisik tersebut. Jika napas terasa mulai sesak atau dada terasa sakit, disarankan untuk berhenti.

Kartini mengingatkan pentingnya melakukan olahraga yang baik, secara benar, terukur, dn teratur. Bagi orang yang sudah terbiasa berolahraga sebelum berpuasa, ada baiknya mengurangi intensitas waktu dan jumlah beban dari biasanya.

"Jadi kita tetap harus olahraga, tapi intensitasnya dikurangi,” kata dia.

Dia menerangkan pentingnya olahraga untuk keseimbangan tubuh antara aktivitas fisik, asupan makanan bergizi dan seimbang, minum air yang cukup, serta menjaga kesehatan tetap prima dengan cukup istirahat dan tambahan vitamin bila diperlukan.

Kartini juga mengatakan, aktivitas salat tarawih juga bisa disebut sebagai aktivitas fisik pengganti olahraga.

Namun dia memberi penekanan apabila salat tarawih dilaksanakan tidak kurang dari 30 menit dan gerakan salat yang tepat dan benar. 

Sumber: Antara


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Olahraga





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari