JK: Operasi Militer di Papua Harus Ditingkatkan 
berita
RILIS.ID, Jakarta— Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kapasitas militer di Papua perlu ditingkatkan namun tidak harus berstatus darurat militer karena pembangunan tetap berjalan dan ada sisi kemanusiaan yang dipertimbangkan di sana.

"Ini (insiden) kan sifatnya gerilyawan, meneror orang, masyarakat. Hanya operasi harus tentu ditingkatkan, tapi tidak berarti harus darurat. Tentu dibutuhkan (penambahan personel) apalagi pembangunan harus jalan di situ," kata Wapres kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Tuntutan KKB untuk memerdekakan diri dari Indonesia, disebutkan Wapres, tidak akan dikabulkan oleh Pemerintah apa pun alasannya.


"Dari sisi politik sudah diberikan, dari sisi ekonomi sudah, apa lagi? Maksudnya ya kalau kita berunding apa pun, semuanya tidak ada lagi yang bisa diberikan, apalagi kemerdekaan, tentu itu tidak bisa (diberikan)," tegasnya.

Wapres mengatakan Pemerintah telah memberikan kewenangan otonomi khusus untuk Papua, bahkan dengan anggaran yang lebih banyak dibandingkan daerah otonom lain.

"Di Papua itu semua sudah dikasih. Dari sisi kebijakan pemerintahan, itu lebih federal dari negara federal. Di Papua yang bisa (menjadi) gubernur atau bupati hanya (orang) asli Papua," kata JK dilansir Antara.


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari