Jokowi Dipastikan Akan Mendukung Langkah Amien Rais
berita
Presiden RI Joko Widodo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.
RILIS.ID, Jakarta— Kabar bahwa Politisi PAN Amien Rais akan membongkar dugaan kasus korupsi yang mengendap di KPK mendapat dukungan dari koalisi pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Menurut Direktur Ekskutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, pihak Jokowi pastinya mendukung langkah penegakan hukum. Jadi, tidak ada masalah jika Amien Rais mengungkapnya.

"Kalau Jokowi tentu tidak gentar dengan hal-hal seperti ini. Dalam beberapa kasus, ia selalu ambil sikap. Misal saja, Setya Novanto dan Idrus Marham, tidak ada yang dilindunginya," kata Karyono saat dikonfirmasi rilis.id Rabu (10/10/2018).

Menurut dia, apa yang dilakukan Amien Rais memiliki dua kepentingan. Dari dimensi politik, bisa jadi ini adalah sebuah "serangan balik" merusak citra kompetitor. Karena, dugaan kasus hoaks Ratna Sarumpaet kemarin justru berdampak buruk pada pasangan Prabowo-Sandiaga.

Di sisi lain, pernyataan ini punya pertimbangan pada dimensi hukum. Sebab, jika benar Amien Rais terlibat, ia terpaksa bereaksi agar tercipta kompromi, atau "barter". Maksudnya, ini menjadi tekanan ke kubu Jokowi agar dirinya aman dari kasus tersebut.

"Sikap Amien yang seperti ini justru memperlihatkan bahwa ada kepentingan. Publik akan mempersepsikan dia kenak-kanakan, karena dia terlihat panik," ujarnya.

Padahal, harusnya Amien Rais tak perlu bereaksi keras, apalagi sampai membuat pernyataan untuk membongkar kasus-kasus hukum yang mengendap di KPK. Diakuinya, tujuannya memang mengarah ke Jokowi. Bisa jadi ke parpol koalisi, menteri-menteri dan orang lingkaran Presiden.

"Yang tahu kasus apa itu, ya cuma Pak Amien Rais. Pastinya ini manuver politik," ungkap Karyono.

Namun efektif atau tidaknya, menurut dia, tergantung dari kebenaran data-data yang disampaikan politisi PAN tersebut. Justru akan jadi bumerang jika dia tak memiliki fakta-fakta menunjang. Apalagi, cara dia bereaksi yang seolah-olah memberikan ancaman.

"Tapi, apa yang menjadi keputusan Pak Amien Rais untuk membongkar itu semua kan hak dia sebagai warga negara. Asalkan ada bukti yang kuat," kata dia.

Sementara itu, KPK sendiri mempersilakan kalau Amien Rais ingin membongkar kasus-kasus korupsi yang lama yang belum ditindaklanjuti. Namun, tentu akan ada proses seleksi lebih dulu dari KPK atas pelaporan politisi PAN tersebut.

"KPK akan telaah lebih dulu pastinya," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi wartawan, kemarin.


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari