Kabupaten Kediri Gandeng BB Biogen Wujudkan Kawasan Industri Benih
berita
FOTO: Humas Balitbangtan
RILIS.ID, Jakarta— Sebagai tindak lanjut kunjungan anggota DPRD Kabupaten Kediri, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Ir Mastur PhD pada hari senin (6/10/2018), setelah sebelumnya menerima dua perusahaan pertanian mitra, menerima kunjungan dari Kepala Dinas Pertanian Kediri Widodo bersama staf. 

Dalam kunjungan ini Mastur mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri ke BB Biogen. “Kami sangat senang dengan kunjungan dari Kepala Dinas Pertanian Kab. Kediri ke kantor kami ini demi kemajuan pertanian Kabupaten Kediri. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi B DPRD Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu. 

Menurut Widodo, tujuannya mengunjungi adalah untuk BB Biogen yang meminta masukan dan menjajaki kerjasama perbaikan pertanian di Kab. Kediri.

"Kami di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri fokus untuk mengembangkan padi, nanas dan cabai serta tebu. Mungkin BB Biogen ada masukan untuk kami bagaimana mengembangkan potensi hasil risetnya disini untuk kita kerjasamakan dan nota kesepahaman demi kemajuan pertanian Kab. Kediri kedepannya,” tambahnya.

Mastur menyatakan, potensi kabupaten Kediri dalam pengembangan industri benih, telah terlihat dari banyaknya perusahaan swasta perbenihan di Kabupaten Kediri. Kondisi tersebut perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan baik industri benih korporasi, pelaku usaha kecil maupun penangkar perorangan.

"Selain benih biji yang banyak digarap perusahaan besar, peluang besar pengembangan benih vegetatif seperti okulasi, grafting, umbi, anakan, dapat dilakukan oleh penangkar perorangan dan usaha kecil. Demikian halnya kultur jaringan seperti pisang, anggrek, tebu" ungkapnya.

Dia menyebut, benih sumber varietas unggul baru dan teknologi produksi dapat diperoleh melalui dukungan BB Biogen dan UPT Balitbangtan lainnya.

Salah satu petani, Widodo berharap dengan kunjungan Balitbangtan membawa perbaikan pada pertanian di Kabupaten Kediri.

"Sesuai hasil diskusi dengan Komisi B tempo hari, pengembangan Kabupaten Kediri menjadi kawasan industri benih merupakan pilihan tepat," katanya.

"Jadi harapan kami, industri perbenihan  swasta saat ini perlu terus dikembangkan, demikian halnya teknologi yang telah memilki paten atau HaKI lainnya  melalui dukungan Balitbangtan khususnya BB Biogen ini,” imbuh Widodo.

Lebih lanjut, Mastur menambahkan, pembangunan menjadi  Kawasan Industri Benih Benih bukan hanya perlu dukungan peningkatan sumberdaya manusia (SDM), infrastruktur dan pemodalan namun juga didukung dengan teknologi, pemasaran dan branding. Untuk mencapai maksud tersebut dukungan BB Biogen dan UPT Balitbangtan lainnya sangat diperlukan. 

"Karena itu, diharapkan nota kesepahaman antar kedua fihak dapat direalisasikan agar cita-cita mewujudkan Kabupaten Kediri makin maju dengan ditopang kawasan industri benih sebagai lokomotif," pungkasnya.

Sumber: Balitbangtan

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari