Kata BMKG Sejumlah Wilayah Bakal Cerah saat Ramadhan, Dimana?
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Lhokseumawe— Beteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG), memprediksikan bahwa cuaca pada bulan Ramadhan 1440 H, yang terjadi pada bulan Mei untuk wilayah Aceh cerah berawan.

" Pada bulan Ramadhan nanti, cuaca diprediksi cerah berawan karena sedang musim kemarau. Sehingga jika ada hujan terjadi pada sore atau malam hari dengan skala lokal dan tidak merata,” ungkap Arijuddin, Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh, Aceh, Minggu (21/4).

Ia menjelaskan cuaca sedang musim kering, pembentukan awan-awan konvektif (awan hujan) terjadi pada sore hari saja. Sedangkan suhu di siang hari berkisar 33 derajat celcius, baru pada sore hari atau malam hari jika ada, terjadi hujan yang bersifat lokal dan tidak merata.

Seperti dikatakan oleh prakirawan cuaca BMKG tersebut, mengingat pada bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Mei dan saaa terjadinya musim kemarau, disarankan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan minum air putih yang banyak saat sahur atau malam hari, agar terhindar dari dehidrasi. Sementara dari sisi lingkungan, diingatkan kepada masyarakat supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar karena api dapat dengan mudah merambat dan sulit dikendalikan, apalagi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, selain itu kondisi cuaca yang panas dan berasap dapat mengganggu kesehatan, urai Arijuddin.

Ia menambahkan, ada bulan Maret 2019, kondisi cuaca sudah memasuki musim kemarau. Dari analisa cuaca bulan Maret oleh pihak BMKG, jumlah curah hujan Maret 2019 adalah sebesar 42.6 ml, padahal normalnya curah hujan Bulan Maret dalam kurun waktu 10 tahun terakhir adalah 90.3 ml.

“ Berdasarkan data 10 tahunan tersebut, kami memprediksi bahwa April-Mei, curah hujan masih sedikit. Akan tetapi, curah hujan akan meningkat pada bulan Juni,” tutup Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh tersebut. 

Sumber: ANTARA


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari