Ketua MPR: Pemindahan Ibukota Harus Hati-Hati
berita
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, FOTO: RILIS.ID
RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan harus dikaji mendalam dan hati-hati. Ia menyebut pemindahan ibu kota tak bisa dilakukan begitu saja. 

"Pemindahan ibu kota tentu harus hati-hati. Memindahkan ibu kota perlu persiapan matang," ujar Zulkifli, Kamis (1/8/2019).

Zulkifli mengaku tidak mempermasalahkan dipindahkannya ibukota ke luar pulau Jawa. Hanya saja menurutnya, jika tidak melalui kajian yang matang, pemindahan ibu kota bukannya berefek positif, namun malahan bisa jadi negatif.

"Kita setuju saja. Tapi, saya ingatkan harus melalui kajian dan persiapan yang matang. Dampaknya secara keseluruhan harus dikaji. Jangan nanti kalau sudah dipindahkan berefek negatif," jelas Zulkifli.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui ibu kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu wilayah di Pulau Kalimantan.

Ia berjanji akan menyampaikan secara resmi tempat pemindahan ibu kota pada Agustus 2019 mendatang.

“Iya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustus lah,” kata Presiden Jokowi di Sumatera Utara, Selasa (30/7).


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top MPR Corner



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari