Lagi Batuk atau Pilek, Hindari Dulu Makanan dan Minuman Ini
berita
ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Sejumlah wilayah di Indonesia kini telah memasuki musim hujan. Pergantian musim ini umumnya menyebabkan orang mudah terserang penyakit seperti demam, pilek dan batuk.

Mengatasi penyakit musiman ini, minum obat saja terkadang tak cukup. Perlu juga memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, ada sejumlah makanan yang justru bisa memperparah batuk dan pilek. Apa saja?

Melansir dari Food NDTV, inilah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama tenggorokan sakit, pilek dan batuk.

1. Yogurt

Meski yogurt dapat meningkatkan imunitas selama sakit, namun ini justru kurang membantu saat Anda menderita batuk. Sebaliknya, konsumsi yogurt bisa memperparah riak batuk dan menyebabkan akumulasi cairan sehingga menyebabkan sulit bernapas.

2. Susu dan keju

Sepertinya ketika pilek dan batuk memang harusnya menghindari susu dan produk olahannya. Karena meskipun susu dan keju tinggi vitamin dan mineral, namun mengonsumsinya justru bisa mengentalkan cairan mukus atau lendir dan meningkatkan inflamasi.

3. Makanan yang digoreng

Sebaiknya Anda juga tidak menyantap makanan berlemak terlebih saat sakit seperti batuk dan pilek. Pasalnya, ini justru bisa memperparah kondisi tenggorokan yang sudah sakit.

4. Minuman bersoda 

Minuman bersoda bisa meningkatkan iritasi tenggorokan saat pilek dan batuk.

5. Buah-buahan asam

Buah memang baik karena tinggi vitamin dan mineral. Namun, jangan makan buah-buahan asam dulu selama pilek dan batuk karena bisa menyakiti tenggorokan dan meningkatkan inflamasi.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari