Mamasa Digoyang Gempa Lagi, BMKG: Masyarakat Jangan Panik!
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Makassar— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar kembali melaporkan adanya aktivitas gempa bumi di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dengan kekuatan 3,1 Skala Richter, Kamis pagi (6/12/2018).

"Tepat pukul 08:51:01 Wita telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Mamasa, Sulawesi Barat yang kekuatan getarannya sekitar 3,1 SR," ujar Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman di Makassar, Kamis.

Pusat gempa yang berada di darat pada jarak 6.58 kilometer barat laut Kecamatan Nosu, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 kilometer. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,1 SR itu berada di koordinat episenter 3.1 lintang selatan (LS) - 119.50 bujur timur (BT).

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang," katanya.

Dia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kabupaten Mamasa sebesar III MMI.

Joharman mengatakan bahwa gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami, meskipun dalam sehari terjadi beberapa kali terjadi gempa bumi.

"Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung sedikit bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti," ucapnya.

Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari