Menhan: Itu Orang Enggak Pernah Berjuang untuk Bangsa kok Mau Dirikan Negara Islam
berita
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin
RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu merasa heran dengan adanya kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila di Indonesia dan mendirikan negara Islam. Apalagi, menurutnya, kelompok itu juga tidak pernah ada sejarah dalam perjuangan untuk mendirikan bangsa Indonesia. 

"Itu orang enggak pernah berjuang menegakkan bangsa ini kok mau mendirikan negara Islam," katanya saat jumpa awak media di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (15/4/2019). 

Ryamizard menegaskan, Pancasila adalah hasil kesepakatan para pendiri bangsa yang sudah tidak bisa diubah lagi. Untuk itu, dirinya mempersilakan kepada kelompok yang ingin mendirikan negara Islam agar keluar dari Indonesia. 

"Pancasila sudah final. Orang mau buat negara Islam, buat saja di sana di mana. Jangnlan buat di sini. Kita negara Pancasila," tegas Ryamizard. 

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu mengungkapkan, Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan berbagai suku dan agama. Sehingga, menurutnya, Pancasila adalah pemersatu untuk semua perbedaan tersebut. 

"Kita memang bukan negara agama. Tapi kita bangsa beragama. Dan kita menghormati semuanya kok," ungkap Ryamizard. 

"Dari dulu kita bukan negara Islam. Macam-macam agamanya di sini. Sebelum republik ini berdiri kan ada Kerajaan Sriwijaya, Budha itu. Besar itu sampai ke India sana," pungkasnya. 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari