Papua Ricuh, DPR Segera Gelar Rapat Tim Otsus
berita
RILIS.ID, Jakarta— Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) DPR RI akan segera menggelar pertemuan terkait peristiwa kericuhan yang terjadi di Manokwari dan beberapa titik di wilayah Papua, Senin (19/8/2019).

"Nanti kami juga akan melakukan rapat dengan tim pemantau Otsus Papua Aceh dan Yogyakarta karena di situ sebagian besar anggota DPR yang mewakili dapil Papua dan Papua Barat juga ada di sana untuk menerima masukan-masukan sehingga kami bisa sampaikan kepada pihak pemerintah," ujar Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Fadli juga meminta pihak kepolisian segera mengusut pihak-pihak yaang dianggap bisa meminta atau memprovokasi situasi yang cukup besar di Manokwari maupun di Jayapura dan juga di Sorong.

"Dan kita juga berharap ini ada yang bisa cepat dan tepat dari pemerintah," katanya.

Menurut informasi, kericuhan di daerah Papua dan Papua Barat dipicu akibat pengepungan terhadap asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jumat (16/8), oleh kontribusi orang yang tergabung di beberapa ormas.

Massa ormas tersebut menuding terjadi pelecehan bendera Merah Putih di asrama mahasiswa Papua tersebut. Dugaan pelecehan bendera yang disetujui di media sosial dan belum terbukti kebenarannya. Terkait, terjadi putaran aksi di Papua dan Papua Barat, Senin (19/8), yang dipicu oleh tanggapan negatif terkait oknum terkait pelecehan bendera Merah Putih di Jawa Timur.

Di Papua Barat, massa memblokade beberapa ruas jalan utama di Manokwari, dengan larangan melarang membuat arus transportasi di daerah itu lumpuh. Sementara di Papua, pergilah kaki ke kantor Gubernur Dok II Jayapura untuk bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe. Aksi itu menyebabkan macet jalan utama dan pertokoan tutup.

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top DPR Corner



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari