Pemegang HGU 75 Ribu Hektar Sambut Jokowi di Lampung
berita
Bos SGC Purwanti Lee (kanan) memantau persiapan kegiatan Jokowi di Lapangan Karang Endah, Kecamatan Terbanggibesar, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (7/3/2019). FOTO: ISTIMEWA
RILIS.ID, Bandarlampung— Bos PT Sugar Group Companies (SGC) Purwanti Lee atau Nyonya Lee nampaknya tidak ingin melewatkan momen kunjungan Capres 01 Joko Widodo (Jokowi) ke Lampung, Jumat (8/3/2019).

Pengusaha keturunan Tionghoa yang menguasai Hak Guna Usaha (HGU) atas tanah seluas 75 ribu hektar ini langsung turun tangan menyiapkan agenda kampanye Jokowi di Lapangan Karang Endah, Kecamatan Terbanggibesar, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (7/3/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Ia hadir bersama Ketua DPD I Golkar Lampung Arinal Djunaidi, Ketua DPD II Golkar Lampung Tengah Musa Ahmad, mantan Bupati Tulangbawang Hanan A.Razak, dan politisi PDIP Mukhlis Basri.


“Besok jam delapan sudah harus beres semuanya itu,” kata Arinal menginstruksikan para pekerja yang tengah memasang panggung seperti dilansir Rilislampung.id, Kamis (7/3/2019).

Sedikitnya ada tiga panggung yang dipasang di Lapangan Karang Endah. Jokowi diagendakan menghadiri deklarasi dukungan dari buruh, petani dan nelayan se-Lampung.

“Ya, besok itu di Lapangan Karang Endah Kecamatan Terbanggibesar deklarasi Jokowi Sekelik Lampung, dari buruh, petani dan nelayan,” timpal Ketua DPD II Golkar Lampung Tengah Musa Ahmad.

Musa mengaku massa yang diperkirakan bakal hadir mengikuti kegiatan ini mencapai 25 ribu orang.

”Insya allah dua puluh lima ribu orang akan hadir di kegiatan yang tergabung dalam Deklarasi Pujo (Pendukung Jokowi),” ujarnya.

Sayangnya, Musa enggan menjelaskan kehadiran bos SGC. Politisi Golkar ini langsung mengalihkan pembicaraan.

“Bentar, saya masih dengan Pangdam ya,” kelitnya.

Senada dengan Musa, mantan Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak juga bungkam. Pria yang menjabat wakil ketua DPD I Golkar Lampung ini mengaku hanya mendampingi Nyonya Lee.

“Jangan saya, ke Pak Musa saja, tadi saya hanya mendampingi, jangan saya statement-nya,” singkatnya.

Wartawan Rilislampung.id mencoba mengonfirmasi kehadiran Nyonya Lee kepada Manager Administrasi PT SGC Heru Sapto melalui ponselnya. Meski nomor telepon 081272 xxx aktif, namun Heru tidak mengangkat ponselnya.

Sementara akademisi Universitas Lampung Dedi Hermawan menilai kehadiran Bos SGC Purwanti Lee dalam persiapan kunjungan Jokowi karena kepentingan usaha.

Menurut dia, munculnya Nyonya Lee bisa diartikan dukungan PT SGC terhadap capres petahana pada Pilpres 2019.

“Kalau kita baca, kaitannya dengan kehadiran Jokowi di Lampung, tentu ini sudah menjadi fenomena sepanjang sejarah, bahwa corporate selalu punya kepentingan dalam setiap kontestasi politik. Itu sah-sah saja,” terangnya.

Menurutnya, SGC ke depan pasti ingin investasi usahanya di Lampung aman. Sehingga perusahaan gula itu berupaya mencari ”pengaman” agar usahanya tetap lancar.

“Supaya tidak ada yang mengganggunya di masa mendatang. Makanya sudah lumrah yang namanya perusahaan punya kepentingan di balik kontestasi politik,” kata Dedi. (*)

Editor: Segan Simanjuntak


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari