Pemilu Usai, Jimly: Jangan Lagi Tebar Kebencian
berita
Jimly Asshiddiqie
RILIS.ID, Jakarta— Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengimbau masyarakat berhenti menebar kebencian lantaran pemilu 2019 telah selesai. Ia juga mengajak semua untuk menahan diri dengan membangun komunikasi yang positif.

"Pemilu sudah selesai, dan semua yang sudah menggunakan hak pilih mari kita kembali ke urusan masing-masing. Mari kita bangun komunikasi yang positif, saling hormat-menghormati, jangan lagi saling menebar kebencian satu dengan lainnya," ujar Jimly di Jakarta, Sabtu (8/6/2019).

Selain itu, ia juga menghimbau semua pihak agar tidak mendahului proses hukum di Mahkamah Konstitusi. Sebab kata dia, itu sama saja mendahului kehendak Tuhan.

"Jangan, karena sampai tanggal 20 Oktober pagi, kalau terjadi perang dunia ke-3, misalnya, MPR-DPR mati semua, maka tidak ada pelantikan pada tanggal 20 (Oktober). Maka demi bangsa dan negara, Presiden dan Wapres RI ya tetap yang sekarang. Maka kita tidak boleh mendahului. Maka kita jangan dulu tergesa-gesa," imbaunya.

Jimly juga menyebut keputusan MK bisa berberda dengan putusan KPU, untuk itu dia mengajak masyarakat untuk tetap saling menghormati dan menunggu proses hukum yang sedang berjalan.

"Apa yang diputuskan oleh KPU itu bisa berbeda dengan keputusan MK. Maka kita tunggu dulu, jangan mendahului putusan MK. Bisa saja oleh KPU yang menang A, oleh MK yang menang B, siapa yang tahu. Maka kita harus saling hormat menghormati, kita tunggu proses hukum," pungkasnya.


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari