Penelitian: Mencium Aroma Makanan Mampu Menahan Godaan Camilan Tak Sehat
berita
ILUSTRASi: Pixabay
RILIS.ID, Jakarta— Menurunkan berat badan atau menjaga tubuh tetap sehat seimbang bukanlah hal mudah. Apalagi, banyak godaan makanan melayang-layang di hadapan Anda.

Terkadang, indra penciuman dapat memberikan banyak pengaruh terhadap pilihan makan Anda. Tapi, para ilmuwan baru-baru ini menemukan fakta menarik.

Menurut sebuah penelitian dari University of South Florida yang diterbitkan dalam Journal of Marketing Research seperti dilansir Insider, semakin lama Anda menghirup aroma makanan yang Anda idam-idamkan, keinginan Anda untuk menyantapnya justru makin berkurang.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan, seringkali, hanya dengan mencium makanan atau camilan tidak sehat dalam waktu yang cukup lama, dapat mengurangi selera makan Anda.

Dalam studi ini, peneliti memasang alat uap wewangian di sebuah ruangan yang secara berkala akan berganti-ganti antara aroma camilan 'tidak sehat' dan 'sehat'. Mereka juga melakukan studi lapangan di toko swalayan dan kafe. Subjek kemudian diminta menilai apakah aroma mempengaruhi selera makan mereka.

Hasilnya, mereka yang mencium aroma makanan tidak sehat seperti pizza atau cake selama 30 detik cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar untuk camilan daripada mereka yang menghirup aroma selama dua menit penuh.

Seperti yang diuraikan dalam penelitian ini, hanya dengan mencium makanan yang diidamkan, ternyata cukup memuaskan.

Pada dasarnya, tubuh tidak peduli apakah Anda hanya mencium makanan atau benar-benar menyantapnya, selama Anda hanya memiliki nafsu makan atau keinginan untuk makan daripada benar-benar lapar.

Jadi, lain kali jika Anda dihadapkan pada godaan camilan tak sehat, tahan selama dua menit, tarik napas, dan cukup nikmati baunya!


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari