Pengurus DPP Golkar Imbau Bamsoet Tak Perlu Panik
berita
RILIS.ID, — Kedua calon kandidat Ketua Umum Partai Golkar memiliki cara yang berbeda dalam menyongsong Munas Partai yang akan digelar tahun ini. Jika Airlangga Hartarto lebih fokus pada agenda kepartaian, Bambang Soesatyo terus mendorong agar Munas digelar sebelum Oktober 2019.

“Menurut hemat saya, sebaiknya munas itu sebelum Oktober. Tidak ada yang menyatakan Desember,” ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Keinginan Bamsoet ini berbeda dengan beberapa senior Partai Golkar, seperti Jusuf Kalla, Agung Laksono, maupun Akbar Tanjung yang menyatakan bahwa Munas Partai Golkar sebaiknya dilangsungkan pada Desember 2019. Bahkan, Majelis Etik dari Partai berlambang beringin ini sebelumnya telah menegaskan bahwa sesuai aturan, Munas akan digelar di bulan Desember.

“Kita berpendapat Munas digelar Desember 2019. Airlangga ini kan meneruskan kepemimpinan Setya Novanto yang selesainya Desember 2019,” kata Mohammad Hatta, Ketua Majelis Etik Partai Golkar.

Pengurus DPP Partai Golkar dan Kader SOKSI, Barita Richy Ricky, menyebut bahwa wajar jika Bamsoet terus mendorong percepatan Munas, karena di sana pertaruhan politiknya.

“Dia panik, satu sisi jabatan Ketua DPR RI nya akan berakhir September. Di sisi lain, dukungan buat Airlangga semakin menguat. Wajar kalau dia minta Munas dipercepat. Mungkin bagi Bamsoet atau pendukungnya, ketika Munas dia sudah bukan ketua DPR lagi, akan melemah posisi tawar dia. Padahal itu kan dua hal yang berbeda. Kalau dia merasa kader terbaik, harusnya percaya diri saja dengan posisi apapun?” ujar Barita.

Sebelumnya, saat mendeklarasikan diri maju menjadi kandidat Ketua Umum Partai Golkar di Jakarta sebulan lalu (18/7/2019), Bamsoet menegaskan agar pelaksanaan munas digelar setelah pelantikan Presiden dan kabinet pada Oktober 2019.

“Saya pribadi berpandangan kita lakukan Munas setelah pelantikan Presiden, agar jangan sampai ada kegaduhan menjelang 20 Oktober. Agar tidak ada tudingan bagi kami bahwa kami ini mengincar posisi posisi penting karena merebut partai sebelum pengisian-pengisian jabatan itu,” kata Bamsoet di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta pada 18 Juli 2019 lalu.

BERGAS


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari