PKS: Waspada Politik Uang di Masa Tenang
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai politik uang selama masa tenang jelang hari H pemilu pada 17 April mendatang. Pasalnya, praktik curang serangan fajar justru masif mendekati hari pencoblosan.

"Sekarang memang hari tenang, tapi bukan artinya tenang untuk membiarkan terjadinya money politik, penyebaran berita bohong. Misal di LN sudah digelar pemilihan, saya apresiasi beberapa negara yang sukses. Seperti di Saudi, Singapura, Pakistan," ujar Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/4/2019).

"Tapi di beberapa negara lain kacau, Malaysia, Australia, Hongkong, dan Belanda," sambungnya.

Karena itu, Wakil Ketua MPR ini melanjutkan, walaupun hari tenang, penting untuk diingatkan agar masalah pemilu diusut tuntas. Termasuk surat suara yang dicoblos di Malaysia.

"Aneh kalau KPU mengatakan bahwa itu dianggap sampah dan tidak perlu dihitung. Sudah jelas di situ ada kertas tercoblos dengan jumlah banyak," kata dia.

Hidayat menyarankan, agar segala bentuk kecurangan diusut sampai ke akar-akarnya. Semestinya, kata dia, di hari tenang ini KPU dan Bawaslu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kecurangan.

"Jadi hari tenang ini bukan artinya tenang terhadap potensi hilangnya hak masyarakat," tandasnya.

Editor: Elvi R


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari