PT KAI Imbau Masyarakat Gunakan Alternatif Selain Stasiun Tanah Abang dan Palmerah
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Bentrokan yang terjadi sejak semalam memaksa polisi menutup jalan menuju Pasar Tanah Abang. Hal ini juga terjadi di sekitar akses menuju Stasiun Tanah Abang dan Palmerah.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengimbau masyarakat mencari alternatif stasiun lain.

"Para pengguna KRL Commuter Line yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah maupun bertujuan ke stasiun tersebut kami sarankan untuk dapat mencari alternatif stasiun lain untuk stasiun keberangkatan atau tujuannya. Hal ini karena kondisi stasiun yang sangat dipadati pengguna, sehubungan penutupan sebagian akses jalan di luar stasiun," ungkap VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi yang diterima rilis.id, di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Untuk pengguna dengan tujuan Stasiun Palmerah dapat menggunakan Stasiun Kebayoran. Sementara pengguna dengan tujuan Stasiun Tanah Abang dapat menggunakan Stasiun Karet, Sudirman, maupun Duri.

"Perjalanan KRL hingga saat ini tetap melayani naik turun pengguna di Stasiun Palmerah maupun Stasiun Tanah Abang untuk pengguna yang hendak transit maupun yang hendak berpindah KRL kembali ke arah Stasiun keberangkatan awalnya," ujar Anne.

Sementara itu, perjalanan KRL secara keseluruhan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya juga hingga saat ini beroperasi normal. 

PT KCI mengimbau para pengguna untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tetap memperhatikan imbauan dari petugas.

"Serta masyarakat tidak memaksakan diri untuk naik/turun saat KRL maupun stasiun tujuan kondisinya sangat padat," pungkasnya.

Sebelumnya, Sejumlah massa kembali menggelar aksi demo 22 Mei di depan kantor Bawaslu, Rabu (22/5/2019). Demonstran berkumpul lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Mereka bergerak dari arah patung kuda, Monas menuju Jalan MH. Thamrin. 

Berkaitan dengan adanya aksi tersebut, lalu lintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang mengarah ke Bawaslu atau Monas ditutup. Kendaraan juga belum diperbolehkan melewati bundaran Hotel Indonesia. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasir menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi.

Selain di depan Bawaslu, kata dia, penutupan lalu lintas juga dilakukan di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Pasalnya, massa juga berencana akan melakukan aksi demo di depan KPU.

"Penutupan ini sifatnya situasional tergantung situasi dan kondisi di lapangan, bila masih ada massa yang demo," ujar Kompol M Nasir, kepada wartawan, Rabu (22/5/2019).

Berikut rekayasa arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Jenderal Sudirman yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan RM Margono Djojohadikoesomo. 
2. Arus lalu lintas yang dari Jalan KH Mas Mansyur yang akan menuju ke Jalan Kebon Kacang diluruskan.
3. Arus lalu lintas yang dari Jalan Fachrudin yang menuju Jalan KH Wahid Hasyim diluruskan ke Jl KH Mas Mansyur.
4. Arus lalu lintas yang dari Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.
5. Arus lalu lintas yang dari Jalan Kebon Sirih menuju Jalan MH Thamrin diluruskan ke Jalan Kebon Sirih.
6. Arus lalu lintas yang dari Jalan KH Wahid Hasyim menuju Jl MH Thamrin dialihkan ke Jalan Agus Salim.

Sementara pengalihan arus di depan kantor KPU, meliputi:
1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Agus Salim ke Bundaran HI dialihkan lurus ke Jl Sumenep karena Jalan Imam Bonjol di depan KPU ditutup.
2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan Pamekasan.

Kendati demikian, lalu lintas menuju Jalan MH. Thamrin pagi ini dikatakan masih berlaku normal. 

"Lalu lintas di Jalan MH Thamrin ke arah Bundaran HI berlaku normal," imbuh Nasir.

Diperkirakan hingga sore hari nanti, konsentrasi massa ke Bawaslu akan terus berlangsung. Namun, Masyarakat diimbau tidak perlu khawatir dan bisa melakukan kegiatan seperti biasa.

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari