Punya Masalah Komedo, Ini Cara Murah dan Alami Menyingkirkannya
berita
ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Komedo kerap menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi kebanyakan orang. Meski tak tergolong serius, tapi tidak bisa diremehkan.

Beragam jenis produk mengklaim bisa membersihkan komedo secara cepat. Namun, itu belum tentu aman dan harganya pun cukup mahal.

Tapi jangan khawatir, ada cara alami dan sudah pasti murah dalam menghilangkan komedo. Apa saja?

Air hangat

Air hangat bisa Anda manfaatkan untuk perawatan wajah. Pasalnya, air hangat mampu membuka pori-pori kulit, sehingga kotoran yang menumpuk akan keluar dengan sendirinya.

Caranya mudah. Siiapkan air hangat di dalam wadah yan cukup besar. Usahakan air masih masih setengah panas sehingga mengeluarkan uap. Kemudian, hadapkan wajah pada wadah berisi air hangat tersebut. Uap air panas tadi dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga komedo mudah keluar.

Garam

Garam tak hanya mampu menambah rasa asin pada makanan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan komedo lho.  Caranya, larutkan garam dengan air panas, lalu oleskan pada wajah. Atau, biarkan wajah Anda terhempas uap oleh air panas rendaman garam tersebut. Garam ini mampu membuka pori-pori kulit, sehingga komedo mudah keluar.

Baking soda

Baking soda memang terbilang ampuh dalam hal merawat kesehatan kulit, karena mampu membantu menjaga kadar ph kulit, mengatur produksi minyak, mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, serta tak terkecuali membersihkan komedo.

Untuk penggunaannya, campur baking soda dengan air sampai membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

Lemon

Lemon mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas dalam kulit. Lemon juga ampuh menghilangkan komedo. Cukup peras buah lemon, kemudian air perasannya oleskan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas.

Tomat

Sama seperti lemon, tomat juga mampu menangkal radikal bebas dan melunturkan sel-sel kulit mati. Itu karena kandungan senyawa antioksidan bernama lycopine. Untuk perawatannya, tumbuk atau blender tomat hingga menjadi bubur, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Putih telur

Putih telur banyak dipakai untuk perawatan kecantikan alami. Khasiatnya banyak, seperti mengencangkan dan mengenyalkan wajah, termasuk membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori.

Caranya, oleskan putih telur pada wajah. Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis untuk mneghilangkan bau amis pada telur. Diamkan beberapa menit sampe mengering kemudian bilas.

Lidah buaya

Banyak produk-produk kecantikan mengguankan bahan dasar lidah buaya. Ya, tanaman yang satu ini memang memiliki banyak khasiat dalam hal kecantikan, seperti membersihkan komedo, mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya, cukup ambil bagian gel lidah buaya untuk dioleskan di wajah terutama area yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Bagaimana, mudah dan murah, bukan?

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari