Ramadan, Kementan Sebar Lagi  Ayam KUB di Cirebon dan Subang
berita
FOTO: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Betapa tidak, setiap ibadah dan kebaikan diganjar dengan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat. Ramadhan kali ini masyarakat di Kabupaten Cirebon dan Subang mendapat keberkahan dari Kementan. Hal ini dikarena adanya  distribusi ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) beserta pakan, kandang yang disertai pemanas (brooder), dan perlengkapan lainnya. Pendistribusian paket budidaya ayam KUB tersebut merupakan bagian dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) yang digawangi oleh Kementerian Pertanian.

Total ayam KUB yang didistribusikan sebanyak 40.150 ekor ayam, ditujukan kepada 803 masyarakat penerima bantuan Program BEKERJA. Seluruh rangkaian kegiatan sebelum distribusi ayam dilakukan meliputi Bimbingan Teknis (Bimtek) serta pembagian peralatan kandang dan pakan. 

Materi Bimtek yang perlu disebarluaskan pada masyarakat penerima bantuan mengenai budidaya ayam KUB, mulai dari mempersiapkan kandang brooder, penanganan ayam berumur satu hari atau day old chicken (DOC), pencegahan penyakit seperti sanitasi kandang, serta penanganan ayam yang sakit dan mati. Tujuan Bimtek ini adalah mempersiapkan penerima bantuan agar dapat memelihara ayam KUB dengan baik dan benar. 

Dengan pemeliharaan yang tepat, diharapkan kedepannya masyarakat penerima bantuan mendapatkan tambahan pendapatan baik dari penjualan ayam pedaging maupun dari telur yang dihasilkan. Sehingga tujuan Program BEKERJA, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terwujud. Kesuksesan Program BEKERJA terkait erat dengan kesiapan penerima bantuan dalam pemeliharaan ayam yang diterima.

Selain Bimtek, rangkaian kegiatan lain yang berlangsung sebelum distribusi ayam KUB antara lain adanya pembagian peralatan kandang brooder yang terdiri dari kardus dengan ukuran 2 x 1 meter persegi, bohlam beserta kabel sebagai pemanas, tempat pakan dan minum, juga kertas koran sebagai alas kandang.

Tantangan terberat saat melakukan rangkaian kegiatan BEKERJA di bulan puasa salah satunya adalah kondisi fisik Tim Distribusi yang mengalami penurunan, terutama terhadap pekerjaan lapangan yang memerlukan stamina yang terjaga. Terlebih pada cuaca yang terjadi akhir-akhir ini, panas terik dan hujan kadang datang silih berganti.

Akan tetapi Tim Distribusi Program BEKERJA dari Balitbangtan tetap semangat mengawal terlaksananya program tersebut dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. 

“Melihat animo masyarakat yang sangat antusias, rasanya kerja keras kami menjadi tuntas terbayarkan,” ungkap Dr. Haris Syahbuddin, DEA. selaku penanggung jawab program tersebut menyaksikan antusias masyarakat.

Atas  upaya Kementan  tersebut, Darsi, salah seorang rumah tangga penerima bantuan menuturkan  apreasiasinya.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada saya dan keluarga. Jujur Pak, saya baru tahu ada yang namanya ayam KUB, ayam kampung yang dipelihara dalam kandang, apalagi telurnya banyak seperti ayam negeri,” ungkap Darsi. 

Selanjutnya Darsi juga tak segan mendoakan seluruh tim yang terlibat dalam kegiatan ini semoga diberi kesehatan dan pahala berlipat ganda selama menjalankan ibadah puasa.

Turut hadir dalam acara pendistribusian ayam KUB tersebut Aparat Desa, Camat, serta staf Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian dimasing-masing Kabupaten. Salah satu harapan pemerintah daerah yang sempat terucap adalah agar bantuan ini dapat terus dilakukan ditahun-tahun mendatang, tentu dengan  pengawasan yang intensif agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan aman, lancar, serta tepat sasaran. 

Pemahaman bahwa upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak akan terwujud tanpa kerjasama seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemda dan masyarakat, perlu terus digaungkan. Bekerja bersama-sama, demi kesuksesan dan kesejahteraan bersama.

Sumber: Endang Puji Astuti/Balitbangtan


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari