Seleksi Calon Pejabat di KASN Dituding Curang, Ada Apa?
berita
RILIS.ID, Jakarta— Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) seharusnya menjadi contoh dalam menyeleksi calon pejabatnya. Karena KASN selama ini diberi wewenang untuk mengawasi sistem penerimaan dan seleksi ASN sehingga transparan dan menjalankan sistem merit.

Tapi apa yang terjadi? Dalam surat terbuka yang ditujukan kepada kepala KASN, muncul dugaan telah terjadi kecurangan dalam seleksi terbuka calon pejabat administrasi dan pejabat pelaksana. Dari 13 calon, yang lolos administrasi hanya 3 orang.

Andi Yusuf Tamburaka, satu dari 13 calon pejabat KASN dalam surat protesnya yang diterima rilis.id, Selasa (27/11/2018), menuding panitia seleksi telah melakukan maladministrasi.

"Panitia seleksi administrasi Jabatan Administrasi Jabatan Pelaksana KASN diduga telah melakukan maladministrasi dalam tahap seleksi," kata Andi Yusuf.

Andi Yusuf juga dalam bagian lain suratnya menduga panitia seleksi terlibat konflik kepentingan karena jabatan administrasi (Kabag Umum dan SDM) tak satu pun dinyatakan lulus.

"Tidak jelas kriteria apa yang diinginkan panitia seleksi sehingga tidak ada yang lolos dari empat peserta yang mendaftar untuk jabatan kepala bagian umum dan SDM," ujarnya.

Menyikapi itu, Andi Yusuf mendesak kepala ASN menghentikan pelaksanaan seleksi karena tidak transparan dan profesional.

"Sebagai lembaga negara yang berfungsi menjaga sistem merit harusnya menjadi suri tauladan," pungkas Andi Yusuf.


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari