Silaturahmi ke PKS Dimaknai Kecurigaan, Surya Paloh Ingatkan Hal Ini
berita
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh
RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh  
menyayangkan silaturahmi politik dan 'rangkulan mesra' nya dengan Ketua Umum PKS Sohibul Iman dimaknai sebagai kecurigaan. Menurutnya, bangsa ini sudah 'capek' dengan segala intrik yang mengundang sinisme dan kecurigaan satu sama lain,

"Sampai kita mengunjung ke kawan (PKS). Bangsa ini model apa seperti ini? Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini. Politik dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," kata Surya Paloh saat memberikan sambutannya pada Pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Menurutnya, Indonesia menganut sistem nilai-nilai demokrasi yang begitu liberal. Namun kata dia, sangat disayangkan dalam praktiknya begitu ortodok konservatif.

"Ada paradoks di situ. Kita harus maju, tapi kita maju ke belakang. Mari kita bermusyawarah dan bergotong royong," kata Surya.

Surya menilai, pihak yang mempertimbangkan silaturahmi sebagai kecurigaan, berarti semakin menjauh nilai-nilai yang diperoleh dari Pancasila. Bos Media Grup ini menentang partai berlatar belakang nasionalis untuk membuktikan sikap yang Pancasila.

"Pancasila sebagai pegangan kita. Tapi kita tidak laksanakan. Itu partai nasionalis ngakunya, partai yang pancasilais, ya buktikan saja. Rakyat membutuhkan pembuktian partai mana yang paling membutuhkan nilai-nilai Pancasila. Kalau partai yang membutuhkan bantuan propaganda sinis yang bisa dibicarakan berkelahi satu sama lain, ah yang pasti bukan Pancasilais itu, "sindir Surya.

Di hadapan 8.000 kader, Surya juga mengingatkan hal yang penting. Bila Partai NasDem mau disebut sebagai partai yang Pancasilais, kata dia, bangun partai harus merangkul semua golongan dan menganggapnya kawan. 

"Ingatlah hati rendah, teman rangkul, salam teman, sambungkan pikiran-pikiran yang sama dengan teman, jangan musuhi teman. Nah itu baru namanya mengamalkan nilai-nilai Pancasila," kata Surya Paloh mengingatkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung pertemuan Ketua Umum NasDem Surya Paloh  dengan Presiden PKS Sohibul Iman, kompilasi memberikan sambutan dalam acara HUT ke-55 Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11).

Jokowi menyapa para ketua umum partai politik. Jokowi pertama-tama menyapa Paloh. Jokowi menyebut Paloh tampak lebih senang dari biasanya setelah bertemu dengan Sohibul di Kantor DPP PKS, Jakarta. 

"Bapak Surya Paloh yang bisa kita lihat malam hari ini, dia lebih senang daripada biasanya, sehabis bertemu dia dengan Pak Sohibul Iman di PKS," kata Jokowi yang langsung disambut tawa tamu undangan yang hadir. 

"Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya se-erat dengan Pak Sohibul Iman," katanya.

 

 

 

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari