Stabilisasi Harga Jelang Natal, Kemendag Ambil Sejumlah Langkah
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Perdagangan mengambil sejumlah langkah strategis guna menjaga harga dan stok bahan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Empat langkah itu mulai dari penguatan penerbitan peraturan menteri perdagangan (Permendag), rapat koordinasi, pemantauan dan pengawasan serta penetrasi pasar," ujar  Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih pada Rapat Koordinasi Identifikasi Barang Kebutuhan Pokok menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Medan, Rabu (5/12/2018).

Sebelum Rakor yang digelar di Bank Indonesia, Karyanto Suprih didampingi Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggrijono dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Syailendra dan tim dari Sumut melakukan peninjauan harga bahan pokok di Pusat Pasar Medan.

Hasil pantauan, harga bahan pokok di Pusat Pasar Medan masih cukup stabil bahkan harga cabai merah turun tinggal Rp17 ribu per kilogram. Hal ini karena pasokan cukup memadai.

Karyanto menyebut, penguatan penerbitan Permendag yang akan dilakan pemerintah yakni, pendaftaran pelaku usaha bahan pokok (Permendag 20/2017), Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras sesuai Permendag 57/2017 dan harga acuan di konsumen (Permendag 96/2018).

"Kemendag akan terus memperkuat regulasi perdagangan. Kemendag memastikan seluruh Permendag diimplementasikan dengan baik dan benar oleh pelaku usaha," ujar Karyanto.

Adapun langkah penatalaksanaan dilakukan dengan menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan pelaku usaha. Di samping itu, memfasilitasi BUMN dan pelaku usaha serta menugaskan Bulog.

Sementara pemantauan dan pengawasan terus dilakukan eselon 1 Kemendag bersama Satgas Pangan di seluruh wilayah.

"Pemantauan dan pengawasan dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga termasuk menjamin pendistribusian bahan pokok,"katanya.

Adapun langkah keempat adalah dengan melakukan penetrasi pasar, bekerja sama dengan pemerintah daerah, Bulog dan pelaku usaha. Para distributor barang juga akan untuk memastikan pasokan tersedia.

Sementara itu, hasil pantauan yang dilakukan di Medan dan sejumlah daerah lainnya, ketersediaan mencukupi dan harga stabil.

"Dengan hasil pantauan itu, maka Pemerintah menyatakan siap menyambut Natal dan Tahun Baru," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin Sitorus menyebutkan, ketersediaan bahan pokok di Sumut sangat memadai baik di tangan pedagang dan distribusi.

"Disperindag terus berkoordinasi dengan distributor dan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan.Dengan ketersediaan barang yang mencukupi, maka kestabilan harga jual bahan pokok bisa terjaga seperti saat ini"nujar Alwin.

Menurut Alwin, terjadinya deflasi di November mengindikasikan harga stabil.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari