Sufmi Dasco: Pilkada Melalui DPRD Sudah Sesuai UU
berita
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad
RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan, pemilihan kepala daerah  langsung melalui DPRD tidak disetujui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dasco mengutip, dalam UUD RI Tahun 1945 tidak ditulis secara gamblang tentang pemilihan langsung. Sesuai menurutnya, bukan masalah jika wakil rakyat yang menentukan kembali wali kota / bupati di daerah masing-masing. 

"Bunyi Pasal 18 Ayat (4) UUD NRI Tahun 1945, yaitu Gubernur, bupati, dan wali masing-masing sebagai kepala pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota yang dipilih secara penuh," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Dasco menjelaskan, dilihat dari sisi politis memang pilkada langsung memiliki legitimasi yang kuat karena rakyat ikut terlibat langsung dalam memilih pemimpinnya. Namun di pihak lain, kata Dasco, dalam pilkada langsung pemerintah harus ekstra aman untuk mengamankan stabiltas keamanan agar masyarakat tetap terlindungi.

"Tidak bisa dipungkiri, bukan kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Pasalnya, untuk menjadi kepala daerah dengan pemilihan langsung berbiaya tinggi, kampanye tim sukses, atribut kampanye, kampanye kampanye, kampanye, dan lain-lain," papar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sementara, tambah dia, jika melihat dari penyelenggaraan, pilkada langsung minta anggaran yang besar, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan.  

"Maka dari itu, saya fikir akan lebih efektif, efisien dan lebih efisien memilih Kepala Daerah baik Bupati / Walikota maupun Gubernur ke depan, diproses melalui DPRD. Setelah dikaji secara lengkap dan komperhensif oleh Komisi II DPR RI dan Kemendagri," kata Dasco. 

 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari