Syukurlah, Korsel-Korut Berdamai. 'Opa' Tetap Wamil?
berita
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjabat tangan dengan Moon Jae-in Presiden Korea Selatan. FOTO: Reuters TV/Tirto.
RILIS.ID, Jakarta— Bertemunya pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae In, menghasilkan kesepakatan perdamaian yang tertuang dalam Deklarasi Panmunjeon.

Lahirnya deklarasi yang melahirkan era baru perdamaian di Semenanjung Korea ini merupakan hasil komitmen kedua pemimpin negara tersebut.

Keduanya sepakat menginginkan adanya stabilitas di kawasan yang telah terpisah akibat perang saudara pada 1950-1953 tersebut.

Menurut laporan yang diterbitkan The Korea Times, terdapat tiga poin utama yang disepakati kedua belah pihak dalam deklarasi itu.

Pertama, pihak Utara dan Selatan akan berusaha pada upaya membangun kesejahteraan bersama dan persatuan melalui peningkatan hubungan dan kerja sama kedua Korea.

Mereka akan kembali melakukan dialog dan negosiasi tingkat tinggi pada bidang yang luas, termasuk mendirikan Kantor Hubungan Bersama untuk memperlancar pertukaran dan kerja sama.

Dalam poin ini, juga disinggung partisipasi keduanya dalam agenda Asian Games 2018 untuk menunjukan kearifan bersama, bakat, dan solidaritas.

Kedua, menekankan pada usaha kedua Korea untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan, termasuk menurunkan ketegangan militer agar terhindar dari perang di Semenanjung Korea.

Ketiga, Korut dan Korsel sepakat untuk aktif bekerja sama untuk mendirikan sebuah rezim pemerintahan yang permanen dan berdamai secara solid di Semenanjung Korea.

Pada poin ini juga disinggung mengenai upaya kedua negara untuk mewujudkan Semenanjung Korea yang bebas nuklir, melalui denuklirisasi atau pelucutan nuklir dengan dukungan dan kerja sama komunitas internasional.

Pelucutan nuklir, merupakan syarat mutlak perdamaian yang diajukan Korea Selatan, Amerika Serikat, dan juga Jepang kepada Korea Utara.

Sumber: ANTARA


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Dunia





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari