TMII Gelar Pertunjukan Tradisi Wayang Wong Bocah
berita
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin
RILIS.ID, Jakarta— Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar pertunjukan tradisi di Gedung Sasono Langen Budoyo, Jumat (6/9/2019). Kali ini, TMII menghadirkan pertunjukan tradisi dari Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya, Surakarta. 

Menurut Plh Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya TMII, Sigit Gunardjo, pertunjukan tradisi itu digelar sebagi bentuk komitmen TMII untuk memberikan ruang kepada para pelaku seni budaya memperkenalkan hasil karyanya kepada masyarakat. 

"Program kegiatan ini memberikan wadah bagi grup-grup kesenian dan juga sekolah seni, para maestro seni di Jakarta maupun daerah," kata Sigit dalam sambutannya, Jumat (6/9/2019). 

Sigit mengapresiasi Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya yang terus berupaya merawat kebudayaan dengan membina generasi-generasi muda melalui sanggar tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya menampilkan karya Tari Prawestri, Tari Pendet, Tari Kidang, dan wayang wong bocah dengan lakon "Yudaning Daging Setampel". 

"Tidak mudah untuk membuat suatu karya wayang orang, apalagi dilakukan oleh adik-adik remaja. Cerita yang ditampilkan cukup menarik," ungkap Sigit. 

Pihaknya, kata Sigit, menyampaikan rasa terima kasih kepada Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya yang telah menampilkan hasil karyanya tersebut.

"Semoga pagelaran yang kita tampilkan bisa memotivasi dalam rangka merawat kesenian budaya kita," katanya. 

Sementara itu, Ketua Pembina Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya, Sarwi, mengatakan, pagelaran itu digelar sebagai upaya untuk merawat tradisi dan budaya Nusantara. 

Menurut Sarwi, sangat penting untuk mendidik para generasi muda untuk mencintai kebudayaan Tanah Air. Pasalnya, menurut dia, hal itu juga akan membentuk karakter dan pribadi yang baik kepada para generasi muda tersebut. 

"Tujuannya untuk nguri-uri kabudayan Jawa. Unggah ungguh dari wayang itu kan ada. Jadi saya punya tekad untuk merawat ini. Ini terdiri dari anak SD SMP juga PAUD," kata Sarwi. 


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Hiburan





Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari