Zona Wilayah Ini Bakal Kena Musim Kemarau Lebih Awal
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Minahasa Utara— Zona musim (ZOM) 332 akan paling awal menikmati kemarau yang diperkirakan dimulai pada dasarian III bulan Mei, kata Kepala Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Johan Jaconias Haurissa, Selasa.

Berdasarkan peta zona musim yang ada, musim kemarau dimulai pada bulan Mei dasarian III hingga Oktober dasarian II.

Wilayah-wilayah di ZOM 332 yang lebih dulu mendapatkan musim kemarau yaitu Bilalang, Dumoga, Lolak, Lolayan, Passi Barat, Sangtombolang, Modayag, Modayag Barat, Bintauna, Bolangitang, Kaidipang, Pinogaluman, Sangkub, Poigar dan Kotamobagu.

Sementara itu, ZOM 325 meliputi Eris, Kauditan, Kema, Kombi, Langowan Selatan, Aertembaga, Girian, Lembeh Selatan, Lembeh Utara, Madidir, Maesa, Matuari dan Ranowulu.

ZOM 326 meliputi Pineleng, Tombariri, Tatapaan, Airmadidi, Dimembe, Kalawat, Talawaan, Tatelu, Bunaken, Malalayang, Mapanget, Singkil, Tikala, Tuminting, Wanea dan Wenang.

Kedua zona musim tersebut musim kemaraunya diperkirakan pada bulan Juli dasarian I.

Selanjutnya, musim kemarau pada Juli dasarian II diperkirakan terjadi di ZOM 323 (Kotabunan, Nuangan, Tutuyan, Belang, Posumaen, Ratahan dan Ratatotok).

ZOM 324 (Bolaang, Bolaang Timur, Passi Timur, Tondano, Remboken, Tompaso, Langowan, Amurang Barat, Amurang Timur, Maesaan, Motoling, Ranoyapo, Sononsayang, Sonder, Sulta, Tenga, Tumpaan, Tompasobaru, Tombatu, Toluaan dan Tomohon.

Dan ZOM 327 (Likupang Barat, Likupang Selatan, Likupang Timur dan Wowi).

Sementara ZOM 319 yang meliputi Bolaang Uki, Pinolosian, Pinolosian Tengah, Pinolosian Timur dan Posigadang periode musim kemarau diperkirakan berlangsung pada Oktober dasarian II.

"Puncak musim kemarau di ZOM 322, 324. 426, dan 327 diperkirakan pada bulan Agustus, sementara ZOM 323 dan 325 pada bulan September, dan ZOM 319 pada bulan Februari," ujarnya.

Johan berharap pada saat musim kemarau masyarakat bijaksana menggunakan air, mewaspadai kebakaran serta terus memanfaatkan informasi BMKG.
 

Sumber: ANTARA


Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari